Antara Cita-Cita dan Passion

By Raudhatus Syifa - 22.18

Pertama kali aku mengenal kata cita-cita itu saat masih di bangku Taman Kanak-Kanak, pasti kebanyakan dari kalian juga sudah mengenal ini di bangku TK atau SD kan? cita-cita lebih erat kaitannya dengan "mau jadi apa sih kita nanti" dan ini biasanya berkaitan dengan suatu profesi.
Seperti aku dulu yang setiap ditanya "cita citanya apa?" jawabanku enggak pernah berubah sampai lulus SMP yaitu "dokter". Tapi buatku cita-cita bukan sesuatu yang kekal dan tidak bisa berubah. Pola pikir dan lingkungan yang berbeda dari waktu ke waktu bisa merubah cita cita.
heyhoo look at me now, i'm not a doctor. i'm a girl with business management degree. 
ya, cita-citaku berubah setelah aku gagal beberapa kali untuk tes kedokteran. yowmaan banyak jalan menuju roma. Sepertinya aku tidak bisa ke Roma melalui FK tapi melalui FE haha. Setelah mengenal lebih dalam tentang manajemen, tiing aku dapat ilham untuk menulis cita-cita baru.
Nah kalo passion itu apa? passion itu bahasa inggris dari kata minat. passion ini sesuatu yang dengan senang hati kita lakukan, sama seperti hobi. jadi mau dibayar ataupun tidak dibayar kita akan tetap melakukannya tanpa merasa terbebani.
Jadi beruntunglah orang-orang yang memiliki cita-cita sesuai dengan passionnya.

Banyak orang di luar sana yang punya cita-cita atau passion sebagai karyawan perusahaan atau profesi lain yang terikat dengan suatu lembaga. But i'm not one of them.
salah satu cita-citaku adalah jadi seorang entrepreneur dalam bidang apapun.
Motivasi terbesarku untuk jadi pengusaha yaitu karena aku punya prinsip "Rejeki udah Allah atur, kita tinggal usaha untuk ngedapetin rejeki itu" dan orang tua ku juga pernah menasehati ku "Kak kalau kita berdagang seperti yang diperintahkan Rasulullah, rejeki yang Allah kasih itu langsung ke kakak, tapi kalau kakak kerja di perusahaan, maka rejeki yang Allah kasih itu harus melewati banyak tangan sampai tiba di kakak. rejeki itu harus ke CEO dulu baru ke direktur baru ke general manager baru ke manager baru ke superintendent baru ke supervisor baru deh ke kakak.
emang sih jadi entrepreneur itu enggak gampang, tapi bisa kok dicapai. emang sih jadi entrepreneur enggak bisa instan, enggak bisa punya pendapatan pasti tiap bulannya seperti profesi lain tapi suatu saat nanti bisa kok punya pendapatan yang mungkin lebih dari orang lain selama mau terus usaha.

Salah satu hal yang suka aku lakukan dan tidak membebaniku adalah memasak, yea that's my passion.
karena aku mau jadi salah satu orang beruntung yang memiliki cita-cita sesuai passion, akhirnya dengan senang hati aku memulai bisnis kecil dengan sahabatku yang pastinya di bidang kuliner. walaupun ada orang yang bilang jangan berbisnis dengan sahabat sendiri tapi so sorry my bestfriend isn't like yours wkwk
Bisnis yang kami bangun dari modal patungan uang dan modal nekat. Kami melihat adanya peluang untuk jualan makanan yang lagi hype banget di Jakarta yaitu sate taichan. Dengan persiapan selama 1 bulan syukurlah Allah mudahkan jalan kita sampai akhirnya bisa buka warung kecil yang berisi 4 meja dengan dekorasi dekorasi hasil kreatifitas kami dan sudah resmi kami buka 12 Maret 2017 dengan nama SATAICHAN.

Partner nya kurang satu karena masih berkutat dengan skripsi di sebrang pulau :(

Menyenangkan rasanya punya pekerjaan sesuai dengan cita-cita dan passion.
Menyenangkan rasanya membangun sesuatu hasil ide dan usaha sendiri dan sangat didukung keluarga serta teman teman dekat. 
Menyenangkan rasanya punya partner bisnis yang sudah aku kenal sejak 16 tahun lalu dan bisa diandalkan.

So, aku sangat menyarankan teman-teman untuk mengenali passion diri masing-masing dan memikirkan ulang apakah di cita-cita kalian, kalian bisa mencurahkan passion kalian di sana. karena menurutku, apapun cita-citanya selama sesuai dengan passion masing-masing itu akan sangat menyenangkan dan tidak mudah membuat kalian bosan dan jenuh dengan pekerjaan kalian.
Dan percayalah, pekerjaan apapun itu selama halal, kemudian kalian ikhlas mengerjakannya dan berprasangka baik sama Tuhan, pasti Tuhan akan berikan rejeki kepada kalian. Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan kok.
Dan buat temen-temen yang mungkin punya cita-cita sama denganku tapi belum tau harus memulai dari mana, pokoknya mulailah dari yang paling mudah dilakukan. Jangan takut rugi. Jangan takut ambil resiko. Sesuatu yang instan tidak akan bertahan lama, jadi jangan minder dengan proses memulai bisnis yang cukup panjang. CHEERS!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar